cargo door to door

Ekspedisi Jasa Cargo Door to Door

Baik eksport maupun import, merupakan prospek yang memiliki peluang bagi komponen usaha kecil. Cargo door to door salah satu jasa ekspedisi yang paling banyak diminati oleh para pengguna jasa cargo bandara ketimbang layanan lainnya. Hal ini dikarenakan para pengguna tak usah berepot-repot mendatangi bandara atau gudang ekspedisi untuk mengirim maupun mengambil barang.

Umumnya, pelayanan ini jasa pengiriman barang ke mana pun dan di mana pun, seperti halnya perdagangan antarwilayah, antardaerah, antarpulau, bahkan antar negara sekalipun. Namun yang mesti disayangkan dari hal ini adalah tarif pengirimannya. Ekspedisi jasa cargo door to door cenderung menawarkan tarif yang mahal.

Apa itu Ekspedisi Jasa Cargo Door to Door?

cargo door to door

Dalam dunia kargo, layanan door to door memiliki arti bahwa layanan pengiriman barangnya akan dijemput dari rumah si pengirim menuju tepat penerima barang. Singkatnya, jika pelanggan menggunakan service jasa ekspedisi yang satu ini, mereka tidak direpotkan dengan proses atau prosedur apa pun. Mereka cukup menitipkan barang pada kurir dan membayar biaya pengiriman sampai barang yang dikirim tiba pada penerima. Biasanya,  prospek forwarding tersebut sangat dominan dilakukan untuk pengiriman barang dari luar negeri (import). Dapat dikatakan bahwa layanan ini merupakan jalur cepat bagi para importer untuk menerima barang.

Manfaat dan Fungsi Ekspedisi Jasa Cargo Door to Door

cargo door to door

Berikut ini adalah beberapa fungsi beserta manfaat yang bisa diambil dari ekspedisi jasa layanan door to door:

  1. Fungsi utama dari jasa layanan ini adalah untuk mengatasi beberapa kendala pengiriman barang import, seperti masalah kuota import yang melebihi batas, karantina SNI, barang dikenai larangan pembatasan (larta), dan kemungkinan lainnya.
  2. Barang yang dikirim atau yang diterima dapat langsung dijemput di tempat secara langsung tanpa harus mengambil atau mengirimkannya ke gudang jasa ekspedisi.

Tahapan Layanan Pengiriman Door to Door

cargo door to door

Di bawah ini merupakan tahap-tahap dari layanan pengiriman cargo door to door:

  1. Pertama-tama, pengirim harus menghubungi jasa ekspedisi sebelumnya untuk mengonfirmasi sertamemberikan informasi data penggunaan jasa layanan door to door. Informasi biasanya dilakukan melalui telepon, SMS, lewat web, ataupun yang lainnya. Lalu, kurir akan menemui pengirim untuk kemudian melakukan proses selanjutnya.
  2. Setelah konfirmasi pengiriman barang, pengirim akan menerima informasi mengebai nomor resi pengiriman. Nomor resi tersebut digunakan untuk melacak proses barang yang dikirim.
  3. Ketika proses pengiriman berjalan, jasa pengiriman barang akan terus melacak barang hingga sampai pada tujuan. Setelah barang diterima, pihak jasa ekspedisi biasanya akan mengabari pengirim lewat panggilan suara (tergantung dari kebijakan jasa ekspedisi). Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan konfirmasi penerimaan barang secara mandiri melalui pengecekan resi di website resmi jasa ekspedisi.
  4. Kemudain, setelah barang dipastikan telah ada di tangan penerima, ia harus menandatangani surat penerimaan barang yang diberikan oleh kurir sebagai bukti bahwa barang telah sampai dengan selamat. Lalu, sebagai penerima, harus mengirimkan konfirmasi penerimaan barang. Jika perlu, disertai bukti berupa foto paket yang kemudian dikirimkan kepada pihak ekspedisi.

Harus diingat bahwa tidak semua jasa ekspedisi melayani cargo door to door service. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan ekspedisi yang sudah pasti menyediakan pelayanan tersebut. Jika Anda tidak dapat menerima layanan door to door service, Anda dapat menggunakan port to port service sebagai alternate lain, walaupun prosesnya akan sangat berbeda dan lebih rumit.

 

Posted in Pengiriman Barang and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *