cargo udara port to port

Jasa Pengiriman Barang Cargo Udara Port to Port

Cargo udara port to port merupakan salah satu layanan pengiriman jasa yang banyak dicari serta cukup diminati. Jika Anda berniat menggunakan layanan tersebut, maka barang yang akan Anda kirim terlebih dahulu harus dibawa menuju bandara, kemudian penerima barang harus menjemput barang kiriman ke bandara. Layanan ini cocok bagi Anda yang menyadari bahwa paket tersebut sangat penting dan harus tiba secepat mungkin. Selain itu, karena barang atau cargo yang hendak dikirim dapat diterima secepat kilat, bahkan dalam hitungan jam, maka layanan ini dapat kita sebut sebagai layanan ekspress.

Langkah-langkah Pengambilan Barang Cargo Udara Port to Port

cargo udara port to port

Sebagai penerima barang, Anda harus mengambil barang yang dikirim ke terminal cargo seputar bandara atau ke alamat yang telah diberitahukan pihak jasa pengiriman. Dalam pengambilan barang, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan penerima barang untuk mengambil paket:

  • Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki nomor SMU (Surat Muatan Udara). Sebelum memilikinya, pastikan Anda menghubungi pihak jasa pengiriman yang benar lewat SMS atau Whatsapp atau bisa juga lewat media sosial atau web resmi-nya. Nomor tersebut berguna untuk melacak barang saat Anda berada di terminal kago (mungkin sejenis nomor resi).
  • Setelah barang dikabarkan telah tiba dan sampai, Anda akan dihubungi pihak jasa pengiriman kemudian diberi nomor SMU. Setelah itu, Anda dapat datang ke terminal kargo yang dimaksudkan. Sebelum masuk ke terminal cargo, Anda akan diminta biaya retribusi (harga biaya retribusi tergantung kesepakatan pihak terminal kargo).
  • Kemudian, datanglah menuju loket pelayanan dan tanyakan perihal pengambilan paket. Di sana, biasanya Anda akan diminta mengisi sejenis formulir dan jangan lupa bawa nomor SMU saat mengisi formulir. Di sana, Anda juga akan dimintai untuk menunjukan kartu identitas (biasanya KTP) untuk pembuktian bahwa Anda penerima barang tersebut. Jika pengambilan paket atau barang diwakilkan, beberapa pihak dari terminal kargo biasanya tidak langsung mau menerimanya. Akan ada proses lebih rumit karena alasan keamanan.
  • Membayar biaya lainnya di kasir (biaya handling). Tarifnya sudah ditentukan sebelumnya dan bisa berbeda-beda tergantung pihak airport-nya. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya. Memang seperti itu ketentuannya, dan barulah barang dapat diambil.

Manfaat Menggunakan Layanan Cargo Udara Port to Port

cargo udara port to port

Pada dasarnya, definisi layanan cargo udara port to port ini memiliki arti yang nyaris sama dengan layanan jasa door to door, akan tetapi perbedaannya ada pada metode pengirimannya dan tarif yang ditawarkan kepada pengguna jasa. Seperti yang telah disebutkan tadi, barang yang dikirim hanya akan sampai di gudang penyimpanan barang bandara, kemudian penerima akan dihubungi pihak jasa ekspedisi untuk mengambilnya ke sana. berikut ini merupakan manfaat yang akan didapat jika memutuskan untuk menggunakan layanan pengiriman barang tersebut:

  • Barang yang Anda kirim akan mengalami pemeriksaan dan pemantauan secara seksama untuk memastikan keamanan barang selama proses pengirimannya. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk memberikan jaminan keselamatan bagi barang yang hendak dikirim akan tiba dengan selamat dan aman ketika sampai di tujuan.
  • Tidak seperti layanan pengiriman barang door to door yang terbilang mahal, layanan cargo udara port to port ini lebih ekonomis. Hanya saja, memang terkesan lebih rumit karena pihak pengirim dan penerima mesti datang ke bandara atau gudang pengiriman barang sebelum proses selanjutnya dilakukan.
Posted in Uncategorized and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *