industri adalah sektor penggerak ekonomi

Mengenal Tentang Pengertian Industri dan Sejarahnya

Industri adalah bagian penting dalam sebuah perekonomian suatu negara. Dengan adanya bidang ysng identik dengan istilah manufaktur ini, maka memungkinkan terbentuknya mata rantai dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan. Dalam hal ini termasuk pengolahan hasil pertanian, perkebunan, dan juga pertambangan.

Industri Adalah Bagian Penting Dalam Perekonomian

industri sebagai penggerak roda perekonomian

Pengertian industri bisa diartikan sebagai penggunan keterampilan dengan memakai alat-alat bidang pengolahan hasil bumi serta distribusinya sebagai dasarnya. Bidang ini memiliki dua tipe. Yang pertama ialah industri barang dan yang kedua adalah industri jasa.

Industri barang

Bidang ini adalah usaha-usaha untuk mengolah bahan mentah hingga menjadi barang setengah jadi atau barang yang sudah jadi dan siap pakai. Dalam kegiatannya ada hasil berbagai jenis barang. Misalnya ialah pakaian, sepatu, mobil, dan berbagai obat-oabtan. Selain itu masih ada banyak jenis barang hasil industri ini.

Industri jasa

Berbeda dengan industri barang. Untuk industri jasa, di dalamnya ada pelayanan jasa yang diberikan kepada khalayak atau konsumennya. Misalnya ialah jasa angkutan bus, kereta api, pelayaran, dan berbagai jasa lainnya.

Ada pula industri jasa yang menyediakan layanan untuk membantu proses produksi. dalam hal ini misalnya ialah jasa bank, pergudangan, dan berbagai jasa lain. Masih ada lebih banyak jenis industri dengan produk jasa yang bisa anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Industri di Dunia

sejarah industri

Adanya industri tak lepas dari perkembangan peradaban manusia. Dulu manusia bekerja dengan berburu, bertani dan hidup dengan berpindah-pindah. Lalu manusia mulai menetap dan membangun rumah. Akhirnya pengolahan lahan pertanian pun dimulai.

Dari semua kegiatan manusia itu, muncullah industri yang paling awal. Misalnya ialah para tukang dan jasa yang menyediakan alat-alat pertanian. Selanjutnya mulai berkembang dengan munculnya produk-produk kerajinan yang dimanfaatkan oleh masyarakat kala itu.

Sedangkan untuk pertambangan besi dan baja mulai berkembang pada abad pertengahan. Hal ini dilanjutkan dengan pertambangan bahan bakar dan energi seperti batu bara dan juga minyak bumi. Perkembangan industri sendiri berkembang sangat pesat ditandai dengan pendirian pabrik-pabrik secara masal.

Adanya pabrik ini mengandalkan tenaga buruh secara besar-besaran dalam upaya menciptakan barang atau layanan jasa. Dari situlah muncul penggolongan industri yang tersebar di seluruh dunia hingga saat ini.

Suatu industri sangat berhubungan dengan pabrik. Di sinilah tempat berlangsungnya semua proses pembuatan barang maupun jasa. Pabrik ini sekaligus menjadi tempat bagi manusia, mesin, dan sistem produksi yang bersama-sama menghasilkan sesuatu berupa barang atau jasa.

Prinsip Ekonomi Dalam Kegiatan Industri

prinsip ekonomi pada kegiatan industri

Dalam menjalankan sebuah industri, ada penerapan prinsip ekonomi di dalamnya. Contoh-conoth penerapan prinsip ekonomi ini ialah :

  • Adanya peningkatan kualitas pelayanan
  • Adanya penyaluran barang secara tepat waktu
  • Pemakaian sarana distribusi yang mudah serta murah
  • Pembelian barang dari produsen secara langsung
  • Penyediaan barang maupun jasa bagi konsumen yang diminati
  • Menentukan lokasi perusahaan yang berada di antara lokasi produsen dan konsumen

Dengan semua usaha tersebut maka akan dihasilkan berbagai keuntungan. Salah satunya ialah laba yang maksimal. Selain itu ada kemungkinan kerugian yang semakin kecil akibat kesalahan-kesalahan tertentu. Dan yang tak kalah penting ialah adanya penggunaan kemampuan dan modal yang dimiliki secara maksimal.

Industri adalah salah satu penggiat kegiatan ekonomi. Terutama dalam menghasilkan produk berupa barang maupun jasa. Dengan adanya bidang ini maka kebutuhan manusia akan terpenuhi terutama untuk kebutuhan-kebutuhan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Misalnya, sandang, pangan, papan dan juga transportasi.

Posted in bisnis, Umum and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *