jasa custom cleareance murah dan cepat

Alur Proses dan Hal Penting Jasa Layanan Custom Clearance

Jasa custom clearance memiliki kaitan yang erat dengan pengurusan administrasi pengiriman dan pengeluaran barang dari pelabuhan muat ataupun bongkar yang berhubungan dengan kepabeanan dan bea cukai. Banyak orang kesulitan dalam kepengerusan dokumen di bea cukai sendiri, sehingga menggunakan penyedia jasa yang bersangkutan.

Dengan adanya jasa ini, maka proses masuk hingga pelepasan barang yang ada di bandara bisa dilakukan secara lebih cepat. Jasa ini juga akan membantu Anda dalam menghindari masalah seperti halnya barang yang ditahan oleh pihak bea cukai.

Proses Jasa Custom Clearance

pengertian jasa custom cleareance di indonesia

Custom clearance di Indonesia bisa juga diartikan sebagai prosedur yang dilakukan untuk menerima barang impor. Prosedur tersebut akan dikenakan pajak oleh pihak bea cukai serta jenis pajak yang lain, kecuali jika barang yang diimpor adalah barang yang bebas pajak bea cukai.

Proses impor barang ke dalam negeri dilakukan melalui beberapa proses yang sebaiknya ditaati oleh pihak importir. Adapun prosedur penerimaan barang impor antara lain adalah sebagai berikut:

  • Proses masuk barang sebelum izin diterima => kapal yang berasal dari luar negeri harus segara dilaporkan ke pihak bea cukai. Selanjutnya, seluruh barang yang diangkut akan diperiksa oleh pihak bea cukai. Jika prosesnya sudah selesai, maka barang akan dibongkar di dermaga yang resmi.
  • Pemberitahuan perihal izin => selanjutnya adalah dengan melakukan prosedur pemberitahuan mengenai izin barang ke bea cukai.
  • Deklarasi impor => langkah berikutnya, barang bisa disimpan sementara di bagian gudang pelabuhan untuk kemudian dilakukan deklarasi impor supaya barang yang masuk ke Indonesia bisa segera diberikan kepada pihak konsumen atau pemesan barang di Indonesia
  • Tahap dokumentasi => setelah deklarasi impor dilakukan, akan ada tahap dokumentasi yang berguna untuk mendata profil dari pihak importir. Dokumentasi yang dilakukan juga termasuk lisensi impor dan juga asuransi dari barang yang bersangkutan. Dokumentasi juga meliputi nama pengimpor hingga negara asal barang.
  • Pemeriksaan secara menyeluruh => akan ada pemeriksaan secara menyeluruh terhadap barang impor yang dibawa masuk ke Indonesia. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan pada saat jam kerja.
  • Pembayaran untuk bea masuk ==> pihak importir harus membayar bea dan pajak untuk barang impor yang ia masukkan ke Indonesia. Adapun pembayaran untuk bea masuk bisa dilakukan di bank devisa.

Proses custom clearance di Indonesia sebaiknya dilakukan dengan baik dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kesalahan atau bahkan tindakan ilegal yang melawan hukum.

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Custom Clearance

hal yang harus diperhatikan pada jasa custom clearance

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait dengan custom clearance. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kelengkapan dokumen ==> hal penting yang pertama adalah kelengkapan dokumen. Karena jika tidak lengkap, maka proses custom clearance bisa berlangsung lebih lama dari yang seharusnya. Alhasil, hal ini akan merugikan pihak dari pengimpor barang.
  • Waktu yang dibutuhkan ==> dalam proses ekspor impor, Anda harus menghitung waktu yang dibutuhkan untuk proses impor. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan kapan barang sampai di tangan. Proses masuknya barang impor sendiri membutuhkan waktu untuk proses audit yang bisa berlangsung selama berhari-hari.

Jasa ekspedisi import PT Wahana Wijaya Wisesa menyediakan jasa custom clearance untuk pengiriman dari laut dan udara. Dengan tenaga yang ahli dan berpengalaman, proses pengiriman bisa dilakukan secara lebih cepat dan aman. Segera hubungi kami jika anda membutuhkan bantuan.

Posted in Export Import, Perdagangan Internasional and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *