logistik adalah

Memahami Pengertian Logistik dan Aktivitas di Dalamnya

Logistik adalah istilah yang berhubungan dengan pemindahan barang. Istilah ini sangat penting dalam perdagangan maupun proses distribusi. Selain itu, istilah ini juga erat kaitannya dengan perencanaan dan pelaksanaan bisnis terutama dalam pengelolaan material. Termasuk juga pengelolaan layanan maupun informasi serta aliran dana.

Logistik Adalah Dimulai dari Perencanaan

pengertian logistik

Pengertian logistik bisa diartikan sebagai serangkain kegiatan perencanaan, pengorganisasian dan di dalamnya termasuk juga pengawasan. Bisa dikatakan pula bahwa istilah tersebut mengacu pada semua aktivitas yang sifatnya manajerial guna merancang dan mengatur sebuah sistem. Di dalamnya termasuk pengadaan barang dan penyampaian barang ke konsumen. Dengan semua kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan sebuah organisasi maupun perusahaan.

Semua kegiatan tersebut memiliki misi tersendiri. Terutama ialah untuk memastikan ketersediaan barang yang tepat waktu dan di tempat yang tepat. Berbagai aktivitas logistik pun dilakukan perusahaan guna mencapai misi tersebut. Contohnya ialah : pengadaan barang, kegiatan produksi, dan juga distribusi.

Setiap aktivitas di atas memiliki performansi yang harus dicapai. Sebagai patokan kesuksessan performansi di atas ialah diihat dari segi pelayanan. Selain itu juga terkait dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Jadi, ada dua faktor penting di dalamnya. Yang pertama ialah pelayanan atau service. Dan yang kedua adalah biaya atau cost.

Aktivitas-Aktivitas dalam Logistik

aktivitas dan kegiatan dalam logistik

Di dalam logistik ada beberapa elemen yang berperan penting di dalamnya. Contohnya ialah adanya sumber daya manusia yang optimal. Yang kedua adalah penanganan barang secara aman dan selamat. Dan yang terakhir adalah penanganan secara kontinyu.

Dengan semua hal di atas maka akan tercipta aktivitas-aktivitas logistik yang tepat. Secara umum, aktivitas atau kegiatan logistik ini terdiri dari kegiatan pergerakan atau move. Dan ada pula kegiatan penyimpanan atau store.

Semua itu bisa dirinci ke dalam berbagai kegiatan. Di antaranya ialah :

  • Pemrosesan dalam pesanan
  • Penyediaan transportasi yang memadai
  • Persediaan
  • Penanganan barang
  • Struktur dalam fasilitas
  • Adanya sistem informasi dan komunikasi yang memadai.

Semua kegiatan tersebut tidak dapat dihindarkan guna memastikan kelancaran rantai pasok. Di dalamnya juga akan terkait proses pengelolaan strategi dalam hal pembelian, pergerakan barang, dan penempatan material. Termasuk juga inventori barang jadi. Semuanya dilakukan dalam organisasi dan saluran marketing. Tujuan akhirnya ialah untuk memaksimalkan keuntungan.

Peran Transportasi dalam Logistik

peran transportasi dalam logistik

Dengan semua kegiatan—kegiatan di atas, maka dibutuhakn transportasi dalam sistem logistik yang  baik. Perannya sendiri ialah untuk mengangkut atau membawa suatu barang dari satu tempat ke tempat lain. Bisa pula membawa satu barang dari produsen ke konsumen.

Dalam bisnis, utamanya dalam logistik, peran penting elemen ini ialah untuk menyampaian barang dari produsen ke konsumen. Selain itu, dalam pengadaan barang atau bahan baku, faktor ini juga tak kalah penting.

Apalagi, di dalam logistik sendiri, ada istilah operasi logistik. Artinya ialah manajemen pemindahan dan penyimpanan material maupun produk jadi. Maka, tak heran jika proses pengangkutan barang menjadi hal yang sangat penting dalam elemen ini. Dalam operasi logistik ini sendiri terbagi menjadi beberapa manajemen.

  • Manajemen distribusi fisik
  • Manajemen material
  • Transfer persediaan barang di dalam perusahaan

Jadi bisa dikatakan bahwa logistik adalah bagian penting dari sebuah perusahaan atau organisasi. Di dalamnya akan menyangkut banyak hal termasuk juga pengangkutan barang dan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.

Posted in Pengiriman Barang, Umum and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *