pengertian distribusi

Manfaat Kegiatan Distribusi Bagi Produsen dan Konsumen

Pengertian distribusi selalu terkait dengan pemasaran barang maupun layanan jasa. Kegiatan ini bermanfaat dalam memperlancar penyampaian barang maupun jasa dari produsen (industri) kepada konsumen. Jadi, perannya sangat besar juga penting terutama dalam mempermudah barang sampai kepada konsumen.

Pengertian Distribusi Yang Harus Anda Tahu

pengertian dari distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh distributor atau perantara untuk menyampaikan barang maupun jasa dari produsen kepada konsumen. Penyampaian barang bisa pula dari produsen, industri atau pabrikan kepada pengecer atau retailer.

Jadi, ketika suatu barang sudah jadi, maka barang tersebut disampaiakn kepada distributor. Baru setelah itu produk disampaikan kepada pengecer atau pelanggan secara langsung.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kegiatan distribusi tak lepas dari peran distributor. Dalam hal ini, distributor memiliki tugas yang penting. Di antaranya ialah :

  • Melakukan pembelian barang maupun jasa dari produsen
  • Melakukan klasifikasi barang sesuai jenis, ukuran maupun kualitasnya sebelum dijual kembali
  • Memperkenalkan barang atau produk jasa kepada konsumen dengan berbagai media yang dipakai

Pembagian Jenis dari Distribusi

pembagian dan jenis distribusi

Dalam pemasaran, peran distribusi sangatlah penting. Hal ini karena produsen sering kali tidak bisa menjangkau secara langsung konsumen mereka tanpa adanya distributor. Dalam hal ini, distribusi sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis.

1. Distribusi langsung

Definisi distribusi ini bisa berarti distribusi jangka pendek. Istilah tersebut mengacu pada suatu sistem penyampaian barang yang tidak memakai saluran distribusi. Misalnya ialah seorang petani yang menjual hasil pertaniannya langsung ke pasar.

Kelebihan dari sistem ini ialah harga barang yang sampai kepada konsumen lebih murah. Hal ini tentu lebih menguntunjgkan dibandingkan dengan memakai saluran distributor. Selain itu, produsen bisa secara langsung mengetahui perubahan selera pada konsumen. Di samping itu penyauran barang juga bisa lebih cepat sampai kepada konsumen tanpa perantara.

2. Distribusi tidak langsung

Istilah lainnya ialah distribusi jangka panjang. Kegiatan ini merupakan penyaluran barang melalui pihak-pihak lain atau perantara. Di dalamnya meliputi makelar, agen, toko atau pedagang ecer.

Kelebihan dari sistem ini ialah perbedaan antara keinginan antara produsen dan konsumen bisa dijembatani oleh distributor. Selain itu, barang bisa sampai kepada konsumen meskipun lokasinya jauh. Dan yang terakhir, keuntungannya ialah ada harga yang selalu stabil.

3. Distribusi semi langsung

Sistem ini lebih mengarah pada penyampaian barang ke konsumen melalui perantara. Akan tetapi, perantara dalam sistem ini adalah milik produsen itu sendiri.

Dalam pelaksanaan sistem ini ada berbagai keuntungan yang bisa didapat. Terutama bagi produsen, ada keuntungan atau laba lebih besar. Hal ini dikarenakan margin keuntungan dari distributor akan masuk ke kantung mereka sendiri.

Tujuan-Tujaun dari Distribusi

tujuan distribusi

Dalam pelaksaan aktivitas distribusi, selalu ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Baik bagi distributor sendiri maupun bagi produsen, mereka masing-masing memiliki keuntungan  dari pelaksaan sistem ini. Berikut ini adalah beberapa contoh tujuan dalam kegiatan ditribusi :

  • Guna mempercepat penyampaian barang maupun pelayanan kepada pelanggan
  • Adanya pemerataan penyaluran hasil produksi secara menyeluruh
  • Bisa mnegawasi kelangsungan kegiatan produksi
  • Dapat meningkatkan mutu serta kuantitas hasil produksi

Itulah pengertian distribusi dan tujuan-tujuannya. Bagi produsen sendiri, kegiatan ini bisa mengunutngkan. Hal ini lantaran pelanggan bisa mendapatkan barang meskipun jauh lokasinya dengan pabrik. Di sisi lain, adanya distribusi yang tepat bisa menunjnag stabilitas harga serta kuantitas barang yang diproduksi karena barang tersebut bisa terserap oleh konsumen tanpa ada penumpukan di gudang.

Posted in Pengiriman Barang, Umum and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *